Masalah yang Kerap Terjadi dalam Bisnis MLM

01.55
MASALAH YANG BIASA TERJADI

Masalah #1: Merekrut downline baru.
Masalah nomor satu yang paling sering dihadapi pelaku bisnis MLM adalah merekrut downline baru. Mungkin anda juga merasakan, sekarang mencari downline semakin susah. Sebagian besar orang sudah antipati dengan MLM. Di pikiran mereka MLM berarti presentasi, jual produk, ngejar teman, dan hal buruk lainnya. Akibatnya, anda sering ditolak karena sebagian besar dari mereka tidak tertarik dengan tawaran anda.
Bahkan seringkali upline anda menyarankan jika mengajak prospek ke pertemuan, jangan sebut nama MLM dulu. Alasannya, biar mereka tidak kabur duluan. Pernah anda disarankan begitu?
Ouch! Sebegitu burukkah MLM di mata orang hingga sang upline punya strategi seperti itu?

Masalah #2: Duplikasi downline.
Masalah nomor dua yang juga sering anda hadapi adalah bagaimana membina downline agar menduplikasi anda dan menjaganya tetap aktif. Anda pintar merekrut dan jualan barang, belum tentu anda bisa sukses di MLM. Kok bisa?
Saya punya teman yang dulu bergabung di MLM A***. Dia punya relasi yang sangat banyak dan orangnya memang pintar merekrut dan jualan. Jika dilihat dari kemampuannya, seharusnya dia bisa lebih mudah membangun bisnis ini. Tetapi nyatanya tidak!
Usut punya usut, ternyata masalahnya bukan terletak pada dirinya, melainkan pada duplikasi para downline yang dia rekrut. Tidak semua orang punya kemampuan seperti teman saya. Mereka tidak pandai jualan dan merekrut orang. Tiap downline punya batasan, dan batasan inilah yang membuat jaringan dia gagal berkembang. Parahnya, ini sering dialami oleh pemain MLM manapun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »