Legalitas Perusahaan MLM Perlu Anda Tahu

16.08


Mungkin kita sudah tahu dalam suatu perusahaan bisa dikatakan resmi dan mendapatkan ijin dari pemerintah apabila sudah memiliki SIUP atau SIUPL. Apakah perbedaan dari kedua surat perijinan usaha tersebuat,mari kita bahas disini.
SIUP adalah Surat Ijin Usaha dan Perdagangan yang biasa dikeluarkan oleh intansi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Wilayah tempat/domisili perusahaan. SIUP digunakan untuk perusahaan yang menjalankan perdagangan baik barang/jasa di Indonesia.
SIUPL (Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung) adalah izin yang yang dikeluarkan oleh BKPM yang merupakan Instansi Pemerintah untuk perusahaan yang menjalankan sistem direct selling/ pemasaran berjenjang (MLM) yang WAJIB dimiliki oleh seluruh perusahaan MLM RESMI di Indonesia
MENGAPA PERLU APLI?
Setiap perusahaan MLM di Indonesia "tidak wajib" masuk sebagai anggota APLI, yang wajib dipenuhi setiap perusahaan MLM adalah SIUPL.
jadi setiap perusahaan MLM anggota APLI pasti memiliki SIUP & SIUPL.
Tapi perusahaan MLM yang memiliki SIUP & SIUPL belum tentu anggota APLI.
Lalu apa benefitnya menjadi Anggota APLI? mengapa perlu APLI?
Untuk menjadi anggota APLI tidaklah mudah, wajib memenuhi persyaratan & ketentuan yang ketat dari pemerintah maupun dari pihak APLI sendiri, karena itu tidak semua perusahaan MLM yang memiliki SIUPL-pun belum tentu diterima menjadi anggota APLI (apalagi jika hanya memiliki SIUP saja tanpa SIUPL)
Di indonesia ada ribuan bisnis "berkedok" MLM, akibatnya banyak masyarakat yang tidak memahami MLM terjebak pada bisnis yang menjanjikan serta mengiming-imingi dengan bonus besar jika merekrut member baru, atau bahkan ada yang menjanjikan tanpa bekerja merekrut member ongkang-ongkang kaki dapat bonus besar (investasi ilegal/ money game).

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »